Selasa, 06 September 2011

2 Timotius 2:1-26


2 Timotius 2:1-26
1 Sebab itu, hai anakku jadilah kuat oleh kasih karunia dalam Kristus Yesus. 
‘Jadilah kuat’ berarti ‘dikuatkan’ dan ‘kuatkanlah dirimu’.  Anugerah dan iman harus bersatu supaya memberikan mamfaat.  Penekanan Paulus supaya Tmotius tetap tinggal di dalam kasih karunia Allah.  Anugerah diartikan pertolongan yang datang dari Allah. 
Timotius telah menerima kekuatan dari Roh Kudus sebagaimanan di pasal sebelumnya.  Paulus menekankan penerapan atas apa yang telah diterimanya dari Roh Kudus dan pengajaran yang diajarkan oleh Paulus.  Paulus terus menerus menguatkan Timotius supaya kuat menghada-pi segala tantangan dalam pelayanannya.  Dengan penerapan kekuatan yang diterimanya diha-rapkan Timotius dapat atau mampu menjawab segala tantangan yang diterimanya di dalam pela-yanannya.   Timotius hanya bisa bertahan dalam pelayanan jika tetap bersekutu dengan Kristus Yesus. 
Bergantung di dalam Kasih karunia Allah merupakan prinsip mutlak bagi kehidupan pelayan Tuhan.  Kebergantungan itu bisa digambarkan dengan pokok anggur dan rantingnya seperti dalam Injil Yohanes.  Kita dapat berbuah apabila kita tinggal di dalam Kristus, berhubungan dengan Kristus atau memiliki kaitan yang tidak terputuskan dengan Kristus.  dengan demikian kita dapat kuat, dapat dikuatkan oleh kasih karunia yang mengalir melalui Kristus ke dalam hidup kita.
2 Apa yang telah engkau dengar dari padaku di depan banyak saksi, percayakanlah itu kepada orang-orang yang dapat dipercaya, yang juga cakap mengajar orang lain.
Kembali lagi Paulus menugaskan Timotius untuk menggenerasikan pengajaran-penga-jaran Kristian yang sehat kepada orang-orang yang juga cakap mengajar.  Semua yang telah diterima Timotius di masa lampau yang berkaitan dengan ajaran-ajaran sehat dan benar harus juga dipercayakan kepada orang-orang yang berkapasitas dalam mengajar.  Paulus menambah-kan kata ‘banyak saksi’, pernyataan ini menyangkut orang-orang yang menyaksikan pertumbu-han rohani antara lain; Barnabas, neneknya Lois dan ibunya Unike serta jemaat atau pun penetua.  Harta yang indah itu haruslah dipercayakan kepada orang-orang yang bisa diper-caya, yang tidak akan menyelewengkan Injil dengan perbuatan mereka atau mencari untung dari Injil.  Persyara-tan ini mutlak harus dimiliki oleh setiap pengajar, sama halnya juga dengan pengerja-pengerja gereja atau jemaat.
Apakah saya sudah masuk dalam kategori cakap mengajar?  Belum dan masih terus belajar.  kecapakan mengajar bukan hanya ditentukan oleh kemampuan kita menggali bahasa asli Alkitab tetapi juga kita harus tetap konsisten dengan pesan dari Firman Allah.  sekarang ini, banyak pengkotbah yang instan, belajar 3-6 bulan sudah dapat berkotbah di atas mimbar.  Apa-kah itu bisa diterima? Ada juga orang yang bertahun-tahun belajar di sekolah teologi, tetapi urusan kotbah masih juga menjadi ketakutan.  Mana yang akan dipakai Tuhan, orang yang se-tengah-setengah belajar Alkitab atau orang yang lama menempuh di STT.  Namun sekarang ini banyak jemaat senang dengan kotbah-kotbah instan hasil galian pengkotbah instan, dan justru yang kotbah pedah tidak disukai jemaat.  tapi yang terpentingkan adalah kecakapan kita menga-jar kebenaran Firman Allah.
3Ikutlah menderita sebagai prajurit yang baik dari Kristus Yesus.
Paulus menggunakan kiasana prajurit yaitu yang berjuang untuk kepentingan koman-dannya yaitu Kristus Yesus.  Seorang pengikut Kristus haruslah siap sedia menanggung penderi-taan, hal ini menjadi bagian dari kehidupan Kristen yang mana Kristus Yesus sendiri pun juga telah menanggung penderitaan.
4Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak memusikan dirinya dengan soal-soal penghidupan-nya, supaya dengan demikian ia berkenan kepada komandannya.
Seorang pekerja Tuhan harus mengabdikan diri secara total kepada Tuhan, tanpa harus memikirkan keperluan-keperluan kehidupan sehari-hari.  Dengan demikian dia akan disenangi oleh komandannya.  Loyalitas yang total dalam setiap segi kehidupan harus dicerminkan seorang hamba Tuhan dalam kehidupannya.  Tidak perlu kuatir dengan penghidupannya, yang pasti Tuhan akan mencukupkan kebutuhannya setiap hari.
5Seorang olahragawan hanya dapat memperoleh mahkota sebagai juara, apabila ia bertanding menurut peraturan-peraturan olahraga. 
Dalam pertandingan Yunani para pemain bersumpah bahwa mereka telah menjalani latihan.  Setiap olahragawan harus menghormati setiap aturan dalam pertandingan.  Di sini berlaku disiplin hidup yang tinggi.  Pesan Paulus ialah bertandinglah dengan disiplin rohani yang tinggi, dengan keuletan , jerih payah dan pengorbanan.  Karena pada akhirnya akan menerima mahkota juara yaitu berkat masa mendatang dan juga berkat masa kini ketika kita masih hidup.
6Seorang petani yang bekerja keras haruslah yang pertama menikmati hasil usahanya.
Seorang petani harus bekerja keras tanpa mengenal lelah.  Dia harus membajak, menyi-angi, menanam, membersihkan, memanen hasilnya.  Imbalan kerja keras itu adalah hasilnya yang bisa dinikmati.  Setiap kita yang melakukan pekerjaan Tuhan, akan mendapatkan pahala masing-masing menurut pekerjaan kita sendiri.
7 Perhatikanlah apa yang kukatakan; Tuhan akan memberi kepadamu pengertian dalam segala sesuatu.
Paulus sendiri tidak dapat menerangkan segala hal sampai kepada yang terkecil.  Cukuplah ia memberikan petunjuk-petunjuk yang garis besarnya di indahkan Timotius.  Tuhan-lah yang akan memberikan pemahaman atau petunjuk yang mendalam mengenai ajaran-ajaran pokok yang telah disampaikan Paulus kepada Timotius.  Kita butuh Kristus Yesus untuk mema-hami segala sesuatu masalah-masalah yang terjadi, memahami Firman-Nya sehingga segala kon-disi dapat kita hadapi di dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.
 8 Ingatlah ini; Yesus Kristus, yang telah bangkit dari antara orang mati, yang telah dilahirkan sebagai keturunan Daud, itulah yang kuberitakan dalam Injilku.
Kata ‘Ingatlah’ menggunakan bentuk present Imperative artinya ingatlah terus menerus.  Timotius harus terus menerus mengingat akan Kristus yang hidup, yang berkuasa karena hanya di dalam Dia, Timotius mendapatkan kekuatan.  Kebangkitan Kristus pun akan menjadi kebang-kitan kita juga.  Jika Paulus akan mati, dia juga akan bangkit atau pun jika kelak Timotius mati dia juga akan dibangkitkan oleh Kristus Yesus kelak.  Ini berarti Timotius harus tetap beriman kepada kebangkitan Kristus Yesus.  Dia dilahirkan sebagai manusia, Dia adalah sang Mesias yang dijanjikan dalam PL.  Penjelasan kematian ini pun bertujuan untuk mematahkan konsep Gnostik yang berkata bahwa kedatangan Kristus Yesus ke dunia memakai tubuh semu, jika demikian pengorbanan Yesus di kayu salib tidak akan memberi dampak terhadap penghapu-san dosa.  Yesus datang kedunia dengan tubuh manusia, Dia dilahirkan dari keturunan Daud yang telah dinubuatkan dalam kitab-kitab PL.  Kita pun demikian harus senantiasa terus menerus mengingat Kristus Yesus yang berkuasa atas kehidupan kita, beriman akan kebangkitan kita kelak dan hidup bersama-sama dengan Kristus Yesus.
 9 Karena pemberitaan Injil inilah aku menderita, malah dibelenggu seperti seorang penjahat, tetapi Firman Allah tidak terbelenggu.
Keadaan Paulus saat ini justru lebih parah dari keadaan sebelumnya yaitu pada saat ditahan untuk pertama kalinya.  Sekarang ini dia tahan dalam penjara dan tahanan khusus.  Inilah ‘buah’ dari pekerjaannya untuk memberitakan Injil.  Paulus dianggap sebagai penjahat kelas atas, seperti penjahat yang tersalib di sebalah Yesus Kristus.  tuduhannya bukan lagi perselisihan agamawi, tetapi menjalah kepada tuduhan pembuat keonaran di kekaisaran Romawi.   Ini men-jadi teladan bagi kita, bahwa pelayanan kita tidak pernah untuk menyenangkan dunia, pemberi-taan Injil yang kita lakukan justru akan menjadi ancaman bagi dunia, Iblis akan memakai peme-rintah untuk membelenggu kita sehingga kita tidak bisa memberitakan Injil-Nya.  Paulus telah terbelenggu di dalam penjara, namun kesaksiannya terus berjalan.  Sekarang pemberitaan Injil sepenuhnya diserahkan kepada generasi berikutnya salah satunya Timotius dan generasi seka-rang kita saat ini.
Firman Allah tidak pernah terbelenggu.  Firman itu bersifat kuasa rohani, sekalipun kita terbelunggu, alat terbelenggu tetapi Firman Allah tetap bekerja, kuasa Allah tidak bisa dibeleng-gu oleh apa pun.  Kuasa dunia ini boleh saja menghentikan misionaris memberitakan Injil sebagaimana yang dialami Paulus, tetapi mereka tidak dapat menghentikan kuasa Allah yang bekerja melalui Firman yang bekerja di dalam hati manusia.  Ini menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita jangan takut akan ancaman penguasa-penguasa yang menghalangi kita untuk mem-beritakan Injil.  Injil itu adalah POWER OF GOD, bukan benda yang bisa dihalang-halangi oleh manusia.
10Karena itu aku sabar menanggung semuanya itu bagi orang-orang pilihan Allah, supaya mereka juga mendapat keselamatan dalam Kristus Yesus dengan kemauliaan yang kekal. 
Bukan hanya penjara tetapi kematiaan pun tidak menjadi ancaman bagi Paulus, dia tetap sabar menjalani hidupnya.  Paulus rela menderita bahkan mati supaya orang-orang piliha Allah dapat mendengarkan Injil dan  menerima keselamatan dari Allah Bapa.  Orang-orang itu bukan saja yang sudah percaya tetapi juga orang-orang pilihan Allah yang masih menunggu Injil dan yang akan bertobat.  Paulus tidak hanya memikirkan kepentingannya sendiri, tetapi dia memikir-kan kebutuhan orang lain akan keselamatan yang dari Kristus Yesus.
11 Benarlah perkataan ini; Jika kita mati dengan Dia, kita pun akan hidup dengan Dia, 12Jika kita bertekun, kita pun akan ikut memerintah dengan Dia, jika kita menyangkal Dia, Dia pun akan menyangkal kita, 13Jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya.
Jika kita mati dengan Dia.  Ini mengingatkan kita akan kematian kita terhadap dosa, kita mati terhadap dosa dan hidup di dalam Kristus.
Jika kita bertekun. Untuk mencapai kesempurnaa seperti Kristus kita harus tetap bertekun untuk menghadapi segala macam persoalan hidup.  Ikut memerintah; orang-orang percaya akan bersama-sama mengadili orang-orang yang tidak percaya
Menyangkal; ini seturut dengan perkataan Yesus, setiap orang yang tidak mengakui Anak Manusia, maka Anak Manusia pun tidak mengakuinya di hadapan Allah Bapa.
Tidak setia. Sekalipun kita tidak setia dengan komitmen atau janji kita kepada Allah, Dia tidak akan berubah menjadi tidak setia.  Karena salah sati sifat Allah adalah kasih setia yang tidak pernah berkesudahan. 
14 Ingatkanlah dan pesankanlah semuanya itu dengan sungguh-sungguh kepada mereka dihadapan Allah, agar jangan mereka bersilat kata, karena hal itu sama sekali tidak berguna, malah mengacaukan orang yang mendengarnya.  
Ingatkanlah artinya terus menerur mengingatkan orang, tidak hanya sekali dua kali supaya kelak mereka menjadi hamba-hamba yang berkenan dihadapan Allah, atau hidup berseungguh-sungguh di hadapan Allah.  Jangan mereka bersilat kata atau perang kata; jangan berdebat dengan orang-orang yang tidak sepaham (gnostik), tidak ada gunanya.
15Usahakanlah supaya engkau layak dihadapan Allah sebagai seorang pekerja yang tidak usah  malu, yang berterus terang memberitakan perkataan kebenaran itu. 16Tetapi hidarilah omongan yang kosong dan yang tidak suci yang hanya menambah kefasikan.17Perkataan mereka menjalar seperti kanker.  Diantara mereka termasuk Himeneus dan Filetus, 18yang telah menyimpang dari kebenaran dengan mengajarkan kebangkitan kita telah berlangsung dengan demikian merusak iman sebagian orang.
Janganlah sekali-kali guru-guru jemaat mengikuti debat yang tidak bermamfaat dengan guru-guru sesat, yang pada akhirnya hanya menambah kefasikan.  Pengaruh guru-guru sesat itu sangat hebat, intelektual mereka tinggi, ajaran-ajaran mereka seolah-olah benar yang memberikan kesan suci dan benar.  Sehingga dikatakan dapat menjalar seperti kanker.  Sel kanker dapat menjalar dengan cepat dan mematikan.  Himeneus dan Filetus dua diantaranya, Himeneus telah dikucilkan Paulus tetapi ia ternyata masih berhasil mempertahankan diri bahkan pengiktunya bertambah.  Muncul lagi unsur ajaran Gnostik yang menyimpang dari Injil Allah.  Gnostik berkata kebangkitan kita telah berlangsung artinya telah terjadi kebangkita roh, buka kebangkitan tubuh.  Yang artinya bahwa mereka menentang kebangkitan tubuh pada masa kedatangan Kristus Yesus kedua kalinya.  Penyangkalan kepada kebangkitan tubuh merusak iman sebagian orang percaya saat itu.  Namun Paulus kembali menegaskan iman yang dipegang oleh orang-orang kudus-Nya tidak akan goyah. 
19 Tetapi dasar yang diletakkan Allah itu teguh dan materainya adalah; ‘Tuhan mengenal siapa kepunyaan-Nya’ dan ‘setiap orang yang menyebutkan nama Tuhan hendaklah meninggalkan kejahatan’.
Allah telah memberikan dasar yang teguh kepada orang-orang percaya yang menjadikan iman mereka teguh dan tidak goyah.  Materainya adalah Tuhan mengenal siapa kepunyaan-Nya.   Materai diberikan sebagai tanda pengenal pada milik seseorang.  mengenal kepunyaan-Nya berati dari sejak semula, ini menunjukkan kepada pilihan Allah terhadap kita, mendahului segala perbuatan kita.  Allah tidak sekali-kali lupa akan orang-orang pilihan-Nya.  Ketika Allah memililh manusia, manusi pun harus meresponi pilihan itu dengan bijak yaitu hidup kudus, orang-orang yang memanggil nama-Nya harus meninggalkan segala kejahatan. 
20 Dalam rumah yang besar tidak hanya terdapat perabot dari emas dan perak, melainkan juga dari kayu dan nah liat; yang pertama dipakai untuk maksud yang mulia dan yang terakhir untuk maksud yang kurang mulia.21Jika seseorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia.22Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kerjarlah keadialan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni.23Hindarilah soal-soal yang dicari-cari, yang bodoh tidak layak.  Engkau tahu bahwa soa-soall itu menimbulkan pertengkaran, 24 sedangkan seorang hamba Tuhan tidak boleh bertengkar, tetapi harus ramah terhadap semua orang.  Ia harus cakap mengajar, sabar, 25dan dengan lemah lembut dapat menuntun orang yang suka melawan, sebab mungkin Tuhan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertobat dan memimpin mereka sehingga mereka mengenal kebenaran,26dan dengan demikian mereka menjadi sabar kembali karena terlepas dari jerat Iblis yang telah mengikat mereka pada kehendaknya.
Perabot dari emas dan perak..kayu dan tanh liat.  Perabot dari logam mulia bisanya digunakan pada acara-acara khusus, tetapi perabot dari kayu dan tanah liat digunakan untuk sehari-hari.  Penggunaan kata muli dan kurang mulia menunjukkan hak Allah untuk menentukan arah hidup seseorang.  namun hal itu bukan berarti tidak ada tanggung jawab manusi di dalamnya.  Justuru manusia tetap bertanggung jawab akan kehidupannya, bukan artinya bahwa yang kurang mulia itu akan menjadi mulia.  Ini merupakan pertanda bahwa setiap perabot memiliki tujuan masing-masing.  Dengan penyucian diri dari segala kejahatan perabot-perabot itu dapat terus berfungsi dengan maksud sebagaimana Allah menciptakannya.s
Janganlah nafsu menguasai diri kita, sebab ketika nafsu menguasai diri kita, maka kita akan kehilangan kendali atas diri kita, lekas marah, atau terlalu cepat memberikan reaksi. 
Janganlah mencari-cari persoalan dengan guru-guru sesat, justru itu akan menyebabkan pertengkaran yang tidak ada gunanya.  Jika sekali-kali Timotius masuk ke dalam perdebatan maka akan melahirkan pertengkaran yang tidak sesuai dengan Injil.  Nasihat untuk tidak boleh bertengkar berlaku terhadapa semua orang Kristen.  Sabar dan lemah lembut terhadap guru-guru sesat mengkin dapat membawa mereka ke dalam pertobatan kembali kepada jalan kebenaran.  Pengenalan akan Allah yang sejati tidaklah terdapat di dalam gnostik tetapi di dalam Injil Kristus. 
Sadar kembali.  Mengandung pengertian seseorang yang pingsan dibius lama menjadi siuman.  Hal ini menggambarkan guru-guru sesat/orang-orang sesat yang terbius oleh pengaruh Iblis, tugas Timotius adalah sabar dan lemah lembut kepada mereka supaya kelak mereka sadar/siuman dari pengaruh Iblis.    
Referensi :
Tafsir Alkitab Masa Kini Vol.3 Matius-Wahyu.
The Wycliffe Bible Commentary. Charles F. Pfeiffer. Et al.
A Commentary on the whole Bible. Matthew Hnery.
Bible Study Edition. 

2 komentar:

  1. Jackpot City Casino Site 2021
    Jackpot City is one of the leading online casinos and sports betting sites in the UK, luckyclub.live with more than 1300 titles including the famous Megaways,  Rating: 4.2 · ‎Review by LuckyClub

    BalasHapus
  2. MGM Grand Las Vegas to Open Five-Star Casino on
    MGM Grand 메이플 캐릭터 슬롯 Las Vegas will open five-star hotel and casino restaurants with an additional 400 속초 출장안마 The casino's $2.7 춘천 출장마사지 billion resort will include 2,000 rooms and 원주 출장샵 a 태백 출장마사지

    BalasHapus